Jumat, 09 Mei 2014

RPP MICRO TEACHING

Tugas mandiri
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Diajukan Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah
“Pembelajaran Micro Teaching”








Di Susun Oleh
Nama                      : Siti Jamah
Nirm                       : 1209.11.06521
Program Studi         : S-1/PGMI
Semester/Lokal       : VI (Enam) /B
Dosen Pengampu    : Drs. Erdi Indra


SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM ( STAI )
 AULIAURRASYIDIN
TEMBILAHAN
2014
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah               : SDN 015 Tembilahan Hulu
Mata Pelajaran               : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester            : III [Tiga] /2 [Dua]    
Standar Kompetensi       : Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang.
Kompetensi Dasar          : Mengenal penggunaan uang sesuai dengan kebutuhan.
Indikator                        : Siswa dapat menyebutkan kegunaan uang
Tujuan  Pembelajaran     : Setelah proses pembelajaran siswa mampu menyebutkan kegunaan uang sesuai dengan kebutuhan.
I.      Matari pembelajaran
KEGUNAAN UANG
Dalam kehidupan sehari-sehari, kegunaan uang adalah, untuk membeli, membayar barang atau membayar jasa. Membayar barang misalnya ketika kita belanja di warung. Sedangkan membayar jasa misalnya, membayar ongkos becak, membayar biaya periksa dokter, dan biaya potong rambut.  
II.    Metode                          : Diskusi
III.  Langkah-langkah pembelajaran
Kegiatan Awal
A.     Menarik perhatian siswa
Ø  Memperlihatkan gambar
B.     Menimbulkan motivasi
Ø  Memberikan pertanyaan (tahukah anak-anak ibu, gambar apakah ini?)
(jika siswa menjawab benar ,maka berikan penguatan berupa anggukan dan kata-kata )
C.     Memberi acuan
Ø  Menyampaikan  tujuan pembelajaran
D.     Membuatan kaitan
Ø  Mengaitkan materi pelajaran yang telah lalu ke pada materi pelajaran yang akan dipelajari. (pada pertemuan sebelumnya kita telah mempelajari tentang jenis pekerjaan   .  Apakah anak-anak ibu , ada yang masih ingat apa itu pekerjaan ? Siapa yang masih ingat segera acungkan tangannya! (apabila siwa menjawab benar beri penguatan )
baiklah  hari ini kita mempelajari tentang kegunaan  uang sesuai dengan kebutuhan.
Kegiatan Inti

A.     Mengamati
o      Mengamati / mengidentifikasi, kegunaan uang sesuai dengan kebutuhan.   
B.     Menanya
o      Siswa bertanya jawab dengan temannya mengenai kegunaan uang sesui dengan kebutuhan  
C.     Mengumpulkan informasi

o      siswa mengumpulkan informasi tentang kegunaan uang
D.    Mengasosiasi
o      Siswa melakukan pengolahan terhadap informasi yang telah dikumpulkan tentang kegunaan uang sesuai dengan kebutuhan
E.     Mengkomunikasikan
o      Siswa menyampaikan hasil diskusi, secara lisan.
Siswa menyimpulkan hasil diskusi dari kegiatan secara lisan.
                       
Kegiatan Penutup
-          Meninjau kembali
Ø  Guru meminta siswa secara acak untuk menyimpulkan kembali penjelasan yang sudah didiskusikan
-          Mengevaluasi
-          Tindak lanjut
Ø  (Remidial/Pengayaan)
-          Memberi dorongan
Ø  (Guru mengatakan bahwa bahwa siswa-siswanya sangat antusias dalam  mengikuti pelajaran dan menyatakan pentingnya pelajaran tersebut)
IV. Sumber Belajar/ Media: Buku IPS / Media Gambar
V.   Penilaian
Bentuk         :Tes
Jenis             : ESSAY
Instrumen Tes:
        I.            Sebutkan kegunaan uang ?
     II.             Buat lah contoh kegunaan uang ? 
Kunci jawaban:
1)      Membayar barang dan membayar jasa
2)      Membayar yang kita beli, ongkos becak, membayar biaya periksa dokter, dan biaya potong rambut.  

VI. Sumber        :  Buku IPS  Kelas 3 SD/MI

Tembilahan, 09 April 2014
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                Guru Bidang Studi            


H.SAUDI, S.Pd.i,M.A                                                           SITI JAMAH
NIP. 26547-8794647748                                                    1209-11-06521
                  
                  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar